Langsung ke konten utama

Mengenal copy writer

Pernahkah kamu memperhatikan baliho di dekat lampu merah? Biasanya, di baliho tersebut terpasang iklan dengan teks yang menarik dan mudah diingat. Nah, teks yang ada di baliho tersebut, merupakan salah satu karya dari copywriter. Keren banget bukan? Membuat teks atau copy tersebut bukanlah hal yang mudah. Karena itu, pekerjaan copywriter dibutuhkan di berbagai perusahaan, baik yang skalanya besar atau kecil. 

Jika kamu membuka job portal dan mencari lowongan copywriter, maka kamu akan menemukan banyak perusahaan yang membutuhkan posisi ini dengan penawaran gaji yang bervariasi. Tertarik menjadi copywriter? Yuk, ketahui definisi, tugas, perbedaannya dengan content writer, sapai skill yang perlu kamu kuasai berikut ini!

Apa itu copywriter?

Copywriting adalah aktivitas menulis teks (copy) untuk iklan atau materi publisitas. Copywriting adalah konten yang bisa kamu lihat di caption Facebook Ads, headline iklan di Google, konten untuk media sosial, tagline, dan lainnya. 

Copywriter adalah seseorang yang bertugas menulis copy kreatif dan persuasif untuk berbagai konten dan media. Tapi, copywriter tidak selalu menulis copy yang berhubungan dengan iklan saja. Karena itu, copywriter juga terdiri dari beberapa jenis, antara lain adalah social media copywriter, marketing copywriter, brand copywriter, dan SEO copywriter. 

Apa saja yang ditulis copywriter? Dilansir dari themuse, beberapa konten yang ditulis copywriter adalah print ads di majalah dan koran, konten media sosial (TikTok, Instagram, Twitter, dan lainnya), naskah untuk iklan radio dan podcast, naskah iklan TV, tagline, iklan di billboard, dan masih banyak lagi. 

Pekerjaan sebagai copywriter dibutuhkan di banyak perusahaan. Bukan hanya perusahaan yang bergerak di industri kreatif aja. Kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan, di agensi periklanan atau pemasaran, atau bekerja sebagai freelancer juga bisa.

Kira-kira, berapa gaji seorang copywriter? Berdasarkan hasil survey gaji yang dilakukan oleh tim, rata-rata gaji Copywriter di DKI Jakarta adalah Rp 7.347.778 dengan gaji minimum sebesar Rp 4.300.000 dan gaji maksimum sebesar Rp 15.500.000. Besaran gaji ini bisa berbeda-beda ya. Tergantung skala perusahaan, UMP dan UMK daerah tempat kamu bekerja, serta pengalaman kerja.

Tugas copywriter itu apa saja ya? 

Tugas seorang copywriter adalah menulis teks promosi. Tapi, tidak hanya itu saja. Berikut merupakan beberapa tugas lainnya:

  1. Melakukan brainstorming & membuat konsep periklanan dan marketing campaign untuk produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya, copywriter bekerja sama dengan tim kreatif atau grafik desainer.
  2. Menulis copy dalam berbagai format untuk berbagai media yang berbeda.
  3. Melakukan riset produk, layanan, konsumen, trend pencarian di situs web, kompetitor, dan bidang industri.
  4.  Mempresentasikan konsep iklan kepada klien atau pemegang keputusan.
  5. Mengembangkan dan membuat copy yang sesuai dengan brand atau perusahaan.
  6. Menganalisis hasil campaign sebagai bahan evaluasi dan panduan strategi copywriting selanjutnya.
  7. Melakukan editing dan revisi copy hingga draftnya tepat sasaran dan disesuaikan dengan identitas brand dan produk.

Perbedaan copywriter dan content writer

Perbedaan copywriter dengan content writer, bisa dilihat dari konten yang dihasilkan dan tujuan penulisan. Tujuan dari konten yang dibuat copywriter adalah mengajak pelanggan untuk membeli produk yang mereka tawarkan. Oleh sebab itu kontennya dibuat persuasif dan mendorong audiens melakukan tindakan spesifik. Contohnya, mengunduh aplikasi, melakukan donasi, membeli kelas, mengunjungi tautan, dan lainnya. Konten yang dibuat biasanya lebih pendek dibanding content writer.

Sedangkan tujuan dari konten yang dibuat content writer adalah membangun hubungan yang lebih dalam dengan audiens melalui konten-konten yang berharga. Kontennya bisa berupa tulisan yang mengedukasi, memberi informasi, atau menghibur pembaca. Biasanya, konten yang dibuat lebih panjang dan detail, contohnya artikel ini atau artikel lainnya dalam blog ini.

Skill yang harus dikuasai seorang copy writer


1. Kemampuan menulis kreatif (copywriting)

Menjadi seorang copywriter, tentu kamu harus memiliki kemampuan menulis copy dengan berbagai format dan media yang berbeda. Setiap media memiliki jenis konten yang beda, sehingga menulis kontennya juga berbeda. Menulis konten iklan untuk Twitter tentu akan berbeda dengan Instagram atau Facebook. Di Twitter, terdapat batasan jumlah karakter yang mengharuskan kamu menulis iklan secara singkat namun tetap mudah untuk dipahami. Di Instagram dan Facebook juga memiliki bentuk yang berbeda-beda. Misalnya, ukuran Instagram Stories dan feed Instagram tentu berbeda. Begitu juga dengan media yang lainnya seperti YouTube, TikTok, atau LinkedIn.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis ini, kamu bisa belajar dengan rutin berlatih menulis, rajin mengamati copy yang dibuat di berbagai iklan dan media. Kamu juga bisa belajar dari temanmu yang memiliki keahlian ini, atau mengikuti kursus atau kelas online untuk belajar menulis copy. Dengan ikut kursus atau kelas online, kamu jadi bisa belajar langsung dari praktisi atau ahli di bidang tersebut. Pastinya ada banyak tips dan trik yang sangat membantu proses belajar kamu.

2. Membuat headline yang menarik

Headline yang menarik, bisa membuat audiens jadi tertarik untuk melihat dan membaca konten secara keseluruhan. Oleh karena itu, kemampuan untuk membuat headline yang bagus menjadi salah satu hal yang perlu kamu kuasai sebagai copywriter. Headline yang menarik tidak harus selalu clickbait atau menjebak agar audiens mau membacanya.

3. Berpikir kreatif

Copywriter merupakan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas yang tinggi. Maka dari itu, penting untuk memiliki kemampuan berpikir kreatif. Hal ini bisa membantu kamu untuk mengembangkan ide, inovasi-inovasi baru dalam pembuatan copy untuk berbagai konten. Kamu dapat melihat berbagai hal dengan perspektif yang unik. 

4. Kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi secara efektif penting untuk setiap pekerjaan, termasuk bagi seorang copywriter. Seorang copywriter harus bisa bekerja sama dengan seluruh pihak yang terkait. Misalnya, tim kreatif atau tim desain, tim sosial media, tim digital ads, klien, dan stakeholder lainnya.

Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kamu dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan baik ini, ini akan dapat mengurangi miskomunikasi atau kesalahpahaman ketika sedang bekerja.

5. Mengikuti perkembangan tren

Selanjutnya, kamu juga perlu mengikuti perkembangan tren yang ada saat ini. Dengan begitu, kamu jadi tahu apa yang sedang ramai dibahas atau dibicarakan orang-orang saat ini. Konten seperti apa yang sesuai dalam kondisi tersebut, dan lainnya. Dengan mengikuti tren, kamu dapat memberikan konten dan membuat copy yang relevan dengan hal yang sedang viral saat ini.

6. Mampu memahami target audiens

Seorang copywriter juga dituntut untuk bisa memahami target audiens dengan baik. Semakin kamu memahami mereka, maka kamu bisa membuat konten dengan gaya bahasa yang sesuai. Hal ini bisa membuat audiens merasa dekat dengan brand dan juga menjaring audiens baru yang relevan.

7. Kemampuan riset

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu tugas copywriter adalah melakukan riset terkait produk atau jasa, konsumen, industri, dan kompetitor. Sebelum membuat iklan, tentu kamu harus mengetahui informasi tentang produk dan jasa yang ditawarkan terlebih dahulu. Untuk itu, seorang copywriter perlu memiliki kemampuan riset yang baik.

Riset juga berguna untuk memberikan sumber data atau sumber konten yang kredibel untuk audiens. Kamu bisa melakukan riset secara online, melakukan wawancara, survei, atau membaca buku dan literatur.

Itulah pembahasan tentang pekerjaan copywriter, mulai dari pengertian, tugas, gaji, hingga skill yang dibutuhkan untuk menjadi copywriter. Selamat belajar~

Komentar